Minggu, 24 Oktober 2010

Pengertian Masa Pra Aksara

Masa  Pra Aksara atau biasa di sebut masa prasejarah adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Manusia yang di perkirakan hidup pada masa pra aksara adalah manusia purba. Pada masa ini, kita tidak dapat mengetahui sejarah serta kebudayaan manusia melalui tulisan. Satu-satunya sumber untuk mengetahui kehidupan manusia purba hanya melalui peninggalan-peninggalan mereka yang berupa fosil, alat-alat kehidupan, dan fosil tumbuh-tumbuhan maupun hewan yang hidup dan berkembang pada masa itu.
 
Zaman pra aksara berlangsung sangat lama, yaitu sejak manusia belum mengenal tulisan hingga manusia mengenal dan menggunakan tulisan. Zaman manusia mengenal dan menggunakan tulisan di sebut zaman aksara atau zaman sejarah.
 
Zaman pra aksara di Indonesia berlangsung sampai abad ke-3 masehi. Jadi, pada abad ke-4 masehi, manusia Indonesia baru mengenal tulisan. Hal ini dapat di ketahui dari batu bertulis yang terdapat di Muara Kaman, Kalmantan Timur. Meskipun prasasti tersebut tidak berangka tahun, tetapi bahasa dan bentuk huruf yang digunakan menunjukan bahwa prasasti tersebut dibuat kurang lebih tahun 400 Masehi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar